Upaya Berkah Lembu Wujudkan Ketahanan Pangan

Upaya Berkah Lembu Wujudkan Ketahanan Pangan

KARANGTALUN LOR-Pasca Pandemi, Pemerintah Republik Indonesia memprioritaskan Ketahanan pangan sebagai prioritas dalam realiasi Dana Desa tahun ini. Pemerintah Desa Karangtalun Lor melangkah cepat dengan membentuk Kelompok ternak Berkah Lembu. Tujuanya adalah untuk mewujudkan ketahanan pangan hewani berupa penggemukan sapi. Ada dua kelompok yang di bentuk yaitu Berkah Lembu 1 dan Berkah Lembu 2.

Untuk mensukseskan program ini pada (5/11) Pemdes memfasilitasi pelatihan kepada kedua kelompok ternak ini untuk melakukan studi dan kajian ke Bengkel Sapi Kalijeruk PT Agromix Lestari Group, Sleman Yogyakarta.

Hadir pula dalam pelatihan ini Camat Purwojati Dian Budiarto, S.STp, Anggota DPRD Banyumas Sobirin Efendi, S.Ap, Ketua BPD Desa Karangtalun Lor Agus Yunianto, S.Pd, Kepala Desa Karangtalun Lor Kusriyanto dan anggota kelompok tani Berkah Lembu Desa Karangtalun Lor.

Para anggota kelompok ternak Berkah lembu belajar banyak hal, diantaranya tentang teknologi pangan, inovasi budidaya, distribusi yang terintegrasi. Selain itu juga mempelajari model pemeliharaan ternak yaitu breeding (pembibitan), rearing (pembesaran), fattening (penggemukan).

Dosen Fakultas Peternakan UGM Muhammad Sofi'ul Anam S.Pt., M.Sc., memandu jalanya pelatihan para anggota kelompok ternak ini. Anam menyampaikan secara detail tentang manajemen pakan dan budidaya sapi potong, yang diselingi dialog interaktif dengan para anggota kelompok ternak Berkah Lembu di akhir acara.

Selain menyampaikan tentang peternakan sapi, anam juga menyampaikan bahwa di Bengkel Sapi Kalijeruk, PT. Agromix Lestari Grup juga terdapat budidaya kambing, telor ayam bahagia dan aneka hasil olahan sapi seperti susu sapi dan lain sebagainya.

Acara berlangsung gayeng di tutup dengan praktik pembuatan konsentrat fermentasi untuk pakan sapi yang dibimbing oleh tim Bengkel Sapi PT. Agromix Lestari Grup. (djw/adm)

Related Posts

Komentar