K-Lor Handycraft Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Kaum Ibu Melalui Kerajinan Rajutan

K-Lor Handycraft Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Kaum Ibu Melalui Kerajinan Rajutan

Di zaman  emansipasi wanita ini, peran Ibu sudah tidak lagi terkungkung di dalam rumah saja, dan tidak harus jadi wanita karir. Banyak kesempatan yang terbuka lebar untuk kaum perempuan agar dapat berkontribusi nyata di lingkungan sekitar. Pemerintah Desa Karangtalun Lor dalam usaha memberdayakan kalangan wanita dan ibu rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian keluarga telah mendirikan Peluang Usaha bersifat UMKM yaitu K-Lor Handycraft.

K-Lor Handycraft merupakan salah satu hasil Inovasi Desa dari Desa Karangtalun Lor Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Pertama lahir berawal dari ide 2 orang warga Desa Karangtalun Lor yaitu Ibu Siti Nurjanah dan Ibu Fitri Hastuti. Keduanya sudah mahir merajut karena hobi dan hasil belajar lewat media online. Selanjutnya mereka mengajukan kegiatan pelatihan kepada Pemerintah Desa Karangtalun Lor untuk memfasilitasinya. Sasaran pelatihan ditujukan untuk kalangan wanita, remaja, dan ibu rumah dalam membuat kerajinan merajut.

Melihat potensi dan antusias ini, Pemerintah Desa Karangtalun Lor melalui Ibu Dewi Ratnawati selaku Sekretaris Desa mengucurkan dana yang bersumber dari APBDes untuk pelatihan di K-Lor Handycraft. Kerajinan merajut adalah suatu produk rajutan hasil kerajinan tangan yang dilakukan secara manual. Tidak sedikit produk fashion yang dibuat dari hasil rajutan, seperti tas, sepatu, dompet, dan produk yang lain. Pada pelatihan yang diadakan di Balai Desa Karangtalun Lor, hadir kurang lebih 20 peserta.

Perlu diketahui, untuk harga dari hasil kerajinan merajut mempunyai nilai jual yang bervariasi. Mulai dari harga Rp 45.000 – Rp 350.000. sehingga dengan harga tersebut warga bisa mendapatkan tambahan pendapatan. Seiring tantangan pasar dan persaingan, K-Lor Handycraft secara berkala melakukan pelatihan sehingga sumber daya anggota semakin meningkat, banyak mendapatkan variasi model dan dan tentunya mampu manaikkan hasil produksi. Dan sekarang K-Lor Handycraft sudah bisa menawarkan bermacam variasi model dan memenuhi request dari konsumen.

Konsumen K-Lor Handycraft pada awal mulanya adalah relasi, teman dan tetangga sekitar. Dengan perkembangan jaman melaui media online, sekarang konsumen K-Lor Handycraft sudah sampai luar daerah. Kreatifitas dan inovasi masing-masing anggota dalam pemasarannya menentukan sukses tidaknya penjualan.

Kerajinan Merajut

Related Posts

Komentar