Home Industri Pembuatan dan Pemasangan Tower SST Sebagai Salah Satu Penggerak Roda Ekonomi Desa

Home Industri Pembuatan dan Pemasangan Tower SST Sebagai Salah Satu Penggerak Roda Ekonomi Desa

Pengembangan desa agar potensial dan sukses menjadi desa mandiri dan sejahtera memang tidaklah mudah. Banyak faktor yang akan mempengaruhi dalam upaya mengembangkan desa tersebut, baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu upayanya adalah melalui pengembangan potensi yang ada di desa yang bersangkutan.

Hal ini harus ada perubahan paradigma dan inisiatif untuk membangkitkan semangat dan idealisme para warganya, terutama kaum mudanya untuk membangun desa asalnya. Perubahan dan inisiatif membangun desa asalnya ini harus tumbuh dari kalangan anak muda atau kaum milenial yang kreatif dan berpikiran maju. Mereka yang memandang desa sudah bukan lagi tempat terpencil yang identik dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja, dan lain sebagainya. Kenapa? Karena kini desa justru memiliki dan menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa. Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet misalnya, adalah salah satu kekuatan yang menciptakan banyak peluang usaha di desa. Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota. Kini desa juga memiliki banyak komoditas. Namun demikian, peluang usaha di setiap desa pastinya tidak selalu sama. Tergantung pada sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kearifan lokal yang menjadi basis di desa yang bersangkutan.

 Salah satu peluang dan potensi usaha yang sedang dikembangkan di Desa Karangtalun Lor saat ini adalah usaha berskala home industri pembuatan dan pemasangan tower baik tower 1 kaki, 3 kaki maupun 4 kaki (SST/BTS) dan juga tower guyed must. Berbekal pengetahuan dan pengalaman di kota, ada beberapa orang yang menjalankan usaha tersebut dan mempraktekan di desa. Kebutuhan pengadaan tower saat ini memang dirasa cukup banyak permintaannya, karena melayani untuk seluruh wilayah Indonesia. Perlu diketahui bahwa tower/menara tersebut biasanya digunakan untuk tiang pemancar internet/wifi, tiang CCTV, tiang lampu jalan/PJU, tiang penangkal petir, antena Radio/TV dan lain – lain sesuai kebutuhan. Untuk jenis tower yang dibuat juga ada beberapa jenis diantaranya Tower Triangle, Tower Monopole, Tower SST. Untuk Harga dan Kualitas tentunya bersaing dan bersahabat.

 Beberapa home industri yang menjalankan usaha pembuatan dan jasa pemasangan tower tersebut adalah CV DUTA RIMBA, CV SETIA SERAYU PRIMANDIRI, KARUNIA TOWER, JAKA TOWER, DUA PUTRA TOWER dan BERKAH TOWER. Dengan usaha home industri tersebut secara tidak langsung sudah menciptakan lapangan pekerjaan dan mestinya meningkatkan kesejahteraan hidup.  Ini artinya juga memiliki kontribusi dan pengaruh besar dalam menggerakkan roda ekonomi di desa.

 Berikut gambaran potensi usaha yang ada di Desa Karangtalun Lor :

Related Posts

Komentar